Posisi Wilâyah

Dalam sebuah riwayat disebutkan, “Kalau ada seseorang bangun shalat malam dan puasa di siang harinya dan bersedekah dengan seluruh hartanya dan selalu melaksanakan haji, tapi ia tidak mengenal wilâyah wali Allah yang harus ia ikuti, maka semua amalnya tidak akan dihargai oleh Allah Swt dan ia juga bukan ahli iman.”
Selama manusia tidak mengenal walinya, ia tidak akan bisa bertauhid. Tauhid harus dipelajari dari Imam Husain as; yang menyerahkan semua wujudnya untuk jalan hak; yang menunaikan shalat mikraj. Mereka yang mengatakan cukup saja al-Quran mengira bahwa menjadi khalifah adalah mengambil kekuasaan. Apakah para khalifah bisa melakukan ibadah seorang nabi atau shalat dan puasa seorang nabi? Apakah bisa ia menjadi seorang ahli tauhid sejati hanya dalam satu waktu atau saat-saat melaksanakan ibadah secara ikhlas?
Karena itulah maqam para peziarah pusara Imam Husain as lebih mulia dibandingkan maqam para peziarah Ka`bah. Mungkin ada bermilyar-milyar manusia yang berkunjung ke rumah Allah, tetapi ia tidak bisa menemukan Imam Husain as. Seorang peziarah Imam Husain memang harus mendapatkan maqam seperti itu dan ini bukanlah asal-asalan melainkan sebuah fakta. Doa akan dikabulkan di makam para imam. Ini bukanlah syiar. Lihatlah dan perhatikan orang-orang yang mengambil syafaat dari turbah Imam Husain as. Walaupun seorang dokter mengatakan tanah itu berbahaya bagi manusia, tetapi tanah dekat kuburan Imam Husain as bisa menyembuhkan setiap luka. Mungkin keistimewaan ini hanya khusus untuk makam Imam Husain as, karena makam Rasulullah saw tidak dikenal punya khasiat seperti itu.
(Bahauddini, Tangga-tangga Langit, Jakarta: Al-Huda, hal.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s