Hadis-hadis dari Imam Hasan Mujtaba as

Menjelang peringatan kelahiran Imam Hasan Mujtaba bin Ali bin Thalib (salam atas mereka berdua) pada tanggal 15 Ramadhan, ada baiknya kita mengenal hadis-hadis yang diriwayatkan oleh beliau.
Berikut beberapa hadis dari beliau yang saya kutip dari Muntakhab Mizan al-Hikmah
Adab Makan
Imam Hasan Mujtaba as berkata, “Di dalam hidangan terdapat dua belas perkara yang wajib diketahui oleh setiap Muslim, yaitu: empat kewajiban, empat perbuatan sunah, dan empat adab. Adapun empat kewajiban adalah: makrifat, ridha, membaca Bismillah, dan syukur. Adapun empat perbuatan sunah adalah: berwudhu sebelum makan, duduk pada sisi yang kiri, makan dengan tiga jari, dan menjilat jari-jari (setelah makan). Adapun empat adab adalah: makan yang di dekatmu, mengecilkan suapan (makanan), membaguskan kunyahan, dan sedikit memandangi wajah orang-orang.”
Nas Imamah
Diriwayatkan dari Imam Hasan as, “Sesungguhnya Husain bin Ali as, setelah wafatnya aku dan berpisahnya ruh dari tubuhku, adalah imam sepeninggalku. Dan di sisi Allah yang nama-Nya teragung dalam al-Kitab (al-Quran), (al-Husain) merupakan warisan dari Nabi saw. Allah Azza Wajalla menggabungkan baginya di dalam warisan ayah dan ibunya. Maka Allah mengetahui bahwasanya kalian adalah makhluk pilihan-Nya. Kemudian Dia memilih Muhammad saw di antara kalian, Muhammad saw memilih Ali as, Ali as memilihku sebagai imam, dan aku memilih al-Husain as (sebagai Imam sepeninggalku).”
Tatkala ayahnya bertanya kepadanya perihal tamak (asy-syuhha), Imam Hasan Mujtaba as menjawab, “Yaitu, engkau menganggap apa yang ada di kedua tanganmu adalah kemuliaan, sedangkan apa yang engkau nafkahkan adalah kerugian.”
Kepengecutan
Tatkala ditanya tentang kepengecutan, Imam Hasan Mujtaba as menjawab, “Ia adalah keberanian terhadap teman dan menghindar dari musuh.”
Kebodohan
Tatkala ayahnya (Imam Ali as) bertanya tentang makna kebodohan, Imam Hasan Mujtaba as berkata, “Kecepatan melompat pada kesempatan sebelum memiliki kemampuan, dan kesukaran dalam menjawab.”
Sabar
Tatkala ditanya tentang sabar, Imam Hasan as menjawab, “Meredam amarah dan menguasai diri.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: