Tentang Rahmat Ilahi

syekh-akbar-ibn-arabi
Bukalah hatimu untuk menerima rahmat Ilahi. Hati yang penuh kasih menjadi cermin tempat karunia Allah menjelma, saat karunia Ilahi menjelma dan muncul melalui engkau, ketika engkau merasakan kehadiran-Nya, engkau akan merasa malu atas perbuatan-perbuatanmu yang tidak patut. Hal ini akan menjadikan engkau dan yang lainnya memiliki kesadaran. Dengan begitu, rahmat akan menjagamu dan yang lainnya dari dosa.
Ketika Malaikat Jibril as bertanya kepada penghulu kita Nabi saw, “Apakah rahmat Tuhan itu?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa aalihi wassalam menjawab, “Berdoa dan menyucikan Allah [bertasbih] seolah-olah engkau berada di hadapan-Nya, seolah-olah engkau melihat-Nya.” Ibadah dan penghambaan terpantul dalam hati seorang mukmin yang telah mencapai aras ibadah seakan-akan ia melihat Allah.
Kemudian pemimpin kita Nabi shallallahu ‘alaihi wa aalihi wassalam meneruskan, ”Karena jika engkau tidak bisa melihat-Nya, pastinya Dia melihatmu.” Orang yang telah sampai pada realisasi rahmat Ilahi niscaya memiliki kesadaran. Ia akan merasa pandangan Allah kepadanya dan merasa malu untuk berbuat dosa. Nabi shallallahu ‘alaihi wa aalihi wassalam bersabda, “Kesadaran adalah kebaikan sempurna.” Apabila seorang mukmin memiliki kesadaran, ia menyadari apa yang tengah dilakukannya dan ia tidak bisa melakukan kesalahan; ketika hati seorang mukmin dipenuhi dengan kesadaran, pemilik hati tersebut tidak menjumpai bahaya apa pun baik di dunia ini ataupun di akhirat.
Tanda seorang yang memiliki kesadaran adalah tidak adanya kesombongan dan kepentingan-diri. Ia tidak pernah menekan atau berusaha mendominasi orang lain. Semoga Anda juga mencapai aras ihsan dan memiliki kesadaran. Semoga Anda mempunyai kekuatan dan kecerdasan untuk berusaha memperolehnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: