Imam Perempuan Pertama Eropa


PARIS — Sebuah masjid di selatan Belgia telah menunjuk guru besar Muslim wanita menduduki pos imam, itu ialah pertama kali dalam sejarah negara-negara di Eropa.

“Hawaria Fattah telah diberi mandat sebagai imam,” ujar Abdel Jalel Al Hajaji, kurator dan takmir Masjid Al Sahaba di wilayah selatan kota Verviers seperti yang dilansir oleh IslamOnline. “Ini merupakan keputusan pertama kali dalam hal sejenis di Belgia dan juga Eropa,” imbuhnya.

Terpilih bersama dua imam laki-laki, Hawaria, ibu dengan tiga anak ini akan memimpin sholat dan aktivitas ibadah para Muslim wanita di masjid tersebut. “Namun dia tidak akan memberi kotbah dan menjadi imam saat Sholat Jumat,” tekan Abdel Jalel.

“Tugasnya akan lebih fokus pada mengawasi pelaksanaan khotbah dan aktivitas pembimbing untuk para wanita di masjid.” Penunjukkan Fatah telah disetujui oleh Kementrian Kehakiman Belgia, yang bertanggung jawab atas urusan keagamaan.

Lahir dari ayah keturunan Aljazair dan Ibu asli Belgia, Fatah, 35 tahun, adalah profesor di bidang kajian islam dan ilmu sosial.Dia sebelumnya pendakwah untuk muslim wanita di sebuah masjid di Verviers.

Terobosan

Para pemimpin muslim berkara berkata penunjukkan Fatah menunjukkan kalau Islam memperlakukan lelaki dan perempuan secara setara.

“Penunjukkan Fatah bermula dari keyakinan kami kalau lelaki dan perempuan adalah setara dalam Islam,” kata Hajaji. Pemimpin muslim mengatakan kalau langkah itu akan membantu muslim wanita mendapat tempat di masjid.

“Langkah terobosan ini akan membantu menjadikan basis aktivitas ibadah bagi wanita, ketika mereka ingin belajar tentang islam. Pemilihan Fattah mendapat sambutan hangat dari Muslim Belgia.

“Kami sangat senang dan menghargai keputusan cerdas itu,” ujar Karim Chemlal, pemimpin Liga Muslim Belgia. “Itu akan membawa citra sangat baik bagi Islam,” imbuhnya.

Muslim Belgia diperkirakan sekitar 450. ribu orang dari total lebih 10 juta populasi penduduk. Sebagian besar Muslim di sana berasal dari Turki dan Maroko.

Belgia adalah negara Eropa pertama kali yang mengakui Islam sebagai agama resmi bersama agama lain di negara itu pada tahun 1974 silam./it (Sumber: http://www.republika.co.id)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: