Tak Ada Bensin, Warga Palestina Berhasil Buat Mobil Elektrik

Sebuah mobil bertenaga baterai hasil karya seorang warga Palestina membuat kagum warga Ghaza. Padahal, ketika Fayez Anan dan Wasil Al-Khuzundar membuat mobil itu, banyak orang yang menertawakannya.

“Awalnya, orang-orang tertawa, mereka bilang apa yang saya kerjakan tidak akan berhasil. Sekarang mereka minta agar mobilnya bisa diganti dengan mobil buatan kami, ” kata Anan.

Anan dan rekanya al-Khuzundar, seorang insinyur listrik, menggunakan sekitar 32 batterai sebagai tenaga elektrik penggerak mobil tersebut. Meski bertenaga baterai, mobil itu menurut Anan dan al-Khuzundar, mampu menempuh perjalanan dengan 200 kilometer untuk setiap satu kali pengisian baterai.

Anan dan al-Khunzadar melakukan uji coba mobil hasil karyanya itu dengan berkeliling kota Ghaza dan mengundang decak kagum warga Ghaza. Warga mengusulkan agar Anan dan al-Khunzadar mengganti tenaga baterai dengan minyak goreng, sementara Ghaza masih kesulitan mendapatkan pasokan bahan bakar karena diblokade Israel.

Selama Israel melarang pasokan bahan bakar ke Ghaza, para pengguna kendaraan bermotor di Ghaza menggunakan minyak goreng atau gas sebagai pengganti bahan bakar bensin untuk kendaraan mereka.Kesulitan bahan bakar ini pula yang mendorong Anan untuk mencari sumber energi untuk kendaraan bermotor.

“Ketiadaan pasokan bensin, bau minyak goreng yang tidak sedap dan berlanjutnya pengepungan Israel memotovasi kami untuk bekerja keras sampai kami berhasil dan membuat mobil ini, ” ujar Anan.

Anan mengeluarkan dana 2.500 dollar untuk proyek mobilnya itu. Namun ia mengatakan, pengubahan kendaraan menjadi kendaraan bertenaga elektrik tergantung pada ukuran mobil bersangkutan. (ln/al-araby) (Eramuslim.com)

* Memang, tekanan-tekanan acap kali membuahkan kreativitas. Orang Indonesia pun memiliki cukup banyak kreativitas dalam menyiasati situasi ekonomi sekarang. Ini harus menjadi contoh bagi kita semua.

1 Komentar

  1. mohamamd lutfi abrori said,

    Maret 7, 2010 pada 10:52 am

    bagus banget gan!! numpang copy ya!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: