PERISTIWA DI BULAN SHAFAR DAN AMALAN SHAFAR

DALAM beberapa riwayat, ada dua bulan Islam yang dipandang sebagai bulan-bulan naas, yakni Muharam dan Shafar. Misalnya, dalam bulan Muharam tepatnya tanggal 10, para pejuang kemanusiaan berduka atas kesyahidan Imam Husain bin Ali, yang dibantai oleh orang-orang yang mengaku umat Muhammad saw. Sementara, di bulan Shafar ada beberapa peristiwa memilukan yang terjadi di Dunia Islam seperti berikut ini.

1 Shafar
– 37 H adalah permulaan Perang Shiffin antara Imam Ali dan Muawiyah bin Abi Sufyan yang memberontak kepada Imam.
– 61 H, menurut satu riwayat, kepala suci Imam Husain as diarak menuju Damaskus. Karena itu, Bani Umayah menjadikan hari itu sebagai hari raya, padahal hari itu adalah hari kesedihan dan musibah.
– 121 H, menurut satu riwayat, Zaid bin Ali bin Husain gugur sebagai syahid.

7 Shafar
Menurut riwayat Syahid, Kaf’ami, dan yang lain, hari ini adalah hari syahadahnya Imam Hasan Mujtaba, yang diracun oleh istrinya atas suruhan Muawiyah.

20 Shafar
Adalah hari Arba’in. Menurut Syekh Thusi dan Mufid, pada hari ini keluarga Imam Husain kembali dari Syam ke Madinah. Pada hari itu juga, Jabir bin Abdullah Anshari datang ke Karbala untuk berziarah kepada Imam Husain as. Dialah orang pertama yang berziarah kepada beliau. Pada hari ini disunnahkan untuk berziarah kepada beliau. Diriwayatkan dari Imam Hasan Askari, beliau bersabda, “Orang mukmin memiliki lima ciri: melakukan shalat lima puluh satu rakaat yang terdiri dari shalat wajib dan sunnah, membaca ziarah Arba’in, memakai cincin di tangan kanan, menempelkan dahi dan pipi di atas turbah (ta’fîrul jabîn) dan memperkeras bacaan basmalah.”

28 Shafar
Tahun 11 H adalah hari wafatnya Rasulullah saw, tepatnya hari Senin. Usia beliau ketika itu mencapai 63 tahun. Setelah berusia 40 tahun, beliau menerima wahyu. Setelah menerima wahyu, selama tiga belas tahun beliau mengajak penduduk Mekkah untuk bertauhid. Setelah berumur lima puluh tiga tahun, beliau hijrah ke Madinah dan di sanalah beliau meninggal dunia. Amirul Mukminin Ali bin Abu Thalib yang memandikan, mengafani, dan menshalati jenazah suci Rasulullah saw.

29 Shafar
Tahun 203 H, menurut Syekh Thabarsi dan Ibnu Atsir adalah hari syahidnya Imam Ali Ridha as akibat racun yang dicampurkan ke buah anggur. Umur beliau waktu itu lima puluh lima tahun dan kuburan beliau terletak di rumah Hamid bin Qahthabah di desa Sanabat di kota Thus. Di rumah itu juga Harun Rasyid dikuburkan.

Amalan-amalan
Bulan ini terkenal dengan bulan naas. Untuk menepis kenaasan ini, tidak ada cara yang lebih baik selain sedekah, berdoa, dan membaca isti’âdzât al-ma’tsûrah (doa perlindungan). Jika seseorang ingin selamat dari petaka, maka bacalah doa di bawah ini sepuluh kali setiap hari seperti yang telah dikatakan oleh Muhaddis Faidh Kasyani dan yang lain.
يَا شَدِيْدَ الْقُوَى وَ يَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ يَا عَزِيْزُ يَا عَزِيْزُ يَا عَزِيْزُ، ذَلَّتْ بِعَظَمَتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ، فَاكْفِنِيْ شَرَّ خَلْقِكَ يَا مُحْسِنُ يَا مُجْمِلُ يَا مُنْعِمُ يَا مُفْضِلُ يَا لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ،
Wahai Zat Yang Mahakuat, wahai Zat Yang Mahakeras, wahai Zat Yang Mahamulia, sungguh rendah semua makhluk-Mu di hadapan keagungan-Mu, maka jauhkanlah kejahatan dariku makhluk-Mu, wahai Zat Yang Mahaindah, Pemberi karunia dan anugerah, tiada tuhan selain Engkau!
سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ، فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَ نَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَ كَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِيْنَ، وَ صَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ‏
Mahasuci Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim, kami terima untuknya, kami selamatkan ia dari kejenuhan dan kami selamatkan kaum mukminin, anugerahkanlah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya yang suci

3 Shafar
Sayid Ibnu Thawus meriwayatkan dari buku Ashâbunâ al-Imamiyyah bahwa pada hari ini disunnahkan untuk melakukan shalat dua rakaat. Pada rakaat pertama membaca surah al-Fâtihah dan Innâ fatahnâ, dan pada rakaat kedua membaca Surah al-Fâtihah dan at-Tauhîd (al-Ikhlâsh). Setelah salam membaca shalawat seratus kali, beristighfar seratus kali, kemudian meminta keperluannya.

7 Komentar

  1. Macan dunia said,

    Februari 5, 2009 pada 4:50 am

    Sauadara saya juga meninggal bulan shafar, terus ibu saya meninggal bulan rabiul awal, teman saya meninggal di bulan dzulqa’dah…so….setiap bulan jadi bulan nahas dong!!!
    CAPPPEKKKK DECHHHH

  2. Mama Doni said,

    Januari 23, 2011 pada 6:27 am

    Nahas atau sial sudah menjadi kejadian yang umum. Yg penting kita selalu berhati-hati dan dpt mengambil hikmah dr kejadian yg telah berlalu. Semoga kita menjadi hamba2-Nya yg selalu mensyukuri nikmat-Nya.

  3. Aden MF said,

    Februari 1, 2011 pada 2:57 pm

    Serahkan smuanya pd Allah karna dialah yg maha mengetahui sgalanya!
    Ttp berdoa n beribadah insaAllah..

  4. mardie said,

    Maret 2, 2011 pada 6:17 pm

    serahkan,segalanya kepada….
    sang penyciptanya..
    tawakal…….
    berjuang.
    danberdo’a….
    semoga…….kita,.selamat….di dunia dan akhirat.

  5. azkiyah said,

    Januari 5, 2012 pada 4:44 am

    sy suka bc sejarah yg t’jd pd bln Shafar sbgmn pd bc’n d atas.
    nmun nrt q, lbh baik lg jika anda m’cntumkn referensix…

  6. Ustadz Kampung berkata said,

    November 18, 2012 pada 11:38 am

    hati2 ustadz, kalo berpendapat tentang bulan naas. semua kejadian di dunia ini Allah yg menghendaki. masing2 bulan pasti ada baik dan buruknya. kita tdk boleh menduga sesuatu dengan kejelekaan, karna akan berbalik kepada diri kita sendiri, sebagaimana ket: Allah Menghukumi seseorang sebagaimana orang tsb berprasangka kpd Allah, kalo berprasangka baik, maka hasilnya akan baik, tp klo berprasangka buruk maka hasilnya jg akan buruk. Tolong Blognya dipikirkan kembali..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: